5 Alasan Kenapa Nulis Blog Bisa Hilangkan Depresi

Putus cinta, kontrak kerja diputus, tuntutan lingkungan sekitar, dan berbagai problema yang melilit hidup bisa menjadi pemantik timbulnya depresi. Bahkan, faktor tertentu yang dialami seorang ibu pasca melahirkan juga dapat memunculkan potensi depresi.

Untuk menghadapi kondisi depresi jelas Anda memerlukan bantuan seorang ahli. Tergantung dari seberapa tingkat depresi yang dialami, Anda dapat memeroleh bantuan dari psikolog atau bahkan psikiater.

Nah, selain bantuan ahli, Anda juga perlu melakukan upaya self healing. Salah satu upaya terapi mandiri yang direkomendasikan adalah dengan menulis.

hal yang menyebabkan depresi
internapcdn.net

Menurut Karen Baikie, seorang psikolog dari Universitas New South Wales, menuangkan pemikiran negatif dan emosional ke dalam tulisan bisa membantu menjaga kesehatan mental dari si penulis. Terlebih, dalam kondisi depresi, emosi negatif biasanya menumpuk di dalam pikiran (sumber: sendairawanpratono.wordpress.com).

Lalu, apa hubungan antara menulis blog dengan self healing dari depresi? Jawabannya adalah, menulis di blog bisa membantu pemulihan kondisi mental penderita depresi. Bahkan, setidaknya ada 5 alasan kenapa Anda bisa mencoba mulai menulis di blog pribadi untuk keperluan self healing.

1. Bebas Curhat

Bila bikin status kepanjangan dan membuat tulisan di forum terlalu banyak tanggapan, nulis blog bisa jadi opsi bebas curhat buat Anda. Tinggal atur opsi tanpa komen di blog dan Voila! Anda bisa mulai menuangan pemikiran dan perasaan Anda apa pun bentuknya.  Namun ingat, tetap jaga jangan sampai menuliskan sesuatu yang menyinggung orang lain, ya!

2. Bisa Menulis Aneka Rupa

Anda bisa meluapkan perasaan dalam berbagai bentuk tulisan. Mulai dari puisi, cerita fiksi, artikel, resensi buku, bahkan jurnal keseharian Anda. Bisa saja Anda menuliskan pengalaman traveling, resep masakan hari ini, atau kisah tentang si kecil di rumah.

3. Peluang Menghasilkan Uang

Berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa orang yang saya kenal ternyata mengalami stres bahkan menjurus ke arah depresi ringan lantaran masalah keuangan. Kondisi finansial memang kerap bikin “pusing tujuh keliling”. Kalau ini juga terjadi di diri Anda, menulis di blog bisa banget jadi salah satu jalan memperoleh pendapatan tambahan.

cegah depresi
aerogrammestudio.com

Caranya ada beragam, bisa dari menjadi infuencer, nulis artikel untuk orang lain, atau membuat resensi buku berdasarkan permintaan. Bahkan, kalau blog Anda sudah punya traffic yang tinggi, monetize saja sekalian.

4. Membuat Kesibukan

Penderita depresi umumnya menjadi kontra-produktif. Tidak hanya lebih suka menyendiri, mereka juga kerap menjauhi hal-hal kecil yang justru bisa mengalihkan mereka dari rasa tertekan yang sedang dihadapi.

Menulis blog secara rutin, sangat mungkin untuk membantu penderita depresi mengatasi perasaan kosong dan sedih yang dialaminya. Kesibukan akan mengalihkan pikiran negatif dan prasangka buruk terhadap sekitar. Nggak percaya? Coba saja dulu.

5. Membangun Komunitas

Satu lagi yang paling asyik dari nulis blog adalah bisa ikutan komunitas. Berjejaring, berkomunikasi dengan mereka yang punya hobi yang sama, menemukan teman baru, bisa membantu self healing berjalan lebih optimal.

Jadi, siap mencoba terapi nulis di blog? Tak perlu memaksakan diri untuk serta merta membuat blog yang keren dan menghasilkan uang, kok! Yang utama, Anda bisa menyalurkan emosi dan beban pikiran tanpa intimidasi sekitar. Maka perlahan-lahan depresi pun akan memudar.