ASI Tidak Lancar? Inilah Penyebab Utamanya

Air Susu Ibu (ASI) memang merupakan nutrisi terbaik untuk setiap bayi. Selain kandungan gizi yang sempurna, asupan inilah yang benar-benar diperlukan bayi untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Namun, bagaimana bila pasca persalinan ternyata ASI tidak lancar?

Jangan kelewat cemas, mungkin beberapa hal berikut ini yang menjadi alasannya.

Penyebab ASI Tidak Lancar



[caption id="attachment_468" align="aligncenter" width="640"]asi agar lancar publicdomainpictures.net[/caption]

Secara alami, tubuh perempuan akan mengeluarkan hormon prolaktin segera setelah persalinan terjadi. Hormon prolaktin tersebut punya andil dalam produksi ASI dengan cara mengaktifkan sel-sel kelenjar susu di tubuh Anda.

Sebagian orang memutuskan untuk langsung mengonsumsi suplemen pelancar ASI, tetapi sebelum itu sebaiknya ketahui dulu apa sebab ASI Anda tak lancar. Beberapa faktor yang mengakibatkan ASI tidak diproduksi dengan optimal di antaranya:

1. Kondisi Psikis dan Kesehatan Ibu



[caption id="attachment_469" align="aligncenter" width="640"]apa sebab asi tidak lancar intheloopknitting.com[/caption]

Pasca melahirkan bukan hanya si kecil yang butuh perhatian, tapi ibunya juga perlu diperhatikan.

Tidak jarang kasus ASI yang tidak lancar disebabkan karena ibu mengalami tekanan psikologis.

Beberapa kondisi psikologis yang kerap dialami ibu pasca persalinan yaitu, cemas berlebihan, lelah, stres, bahkan ada yang berujung pada depresi.

Selain kondisi psikis, ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat menurunkan produksi ASI.

Beberapa diantaranya adalah plasenta yang masih tersisa dalam tubuh ibu, kurang berkembangnya kelenjar susu (hipoplasia payudara), berat badan yang berlebih (obesitas) atau sebaliknya terlalu kurus, sampai efek samping dari konsumsi obat-obatan ataupun rokok dalam waktu lama.

2. Memberikan Susu Formula



Memberikan susu formula saat bayi masih berusia di bawah 6 bulan sangatlah tidak disarankan. Bahkan, tindakan ini dapat membahayakan kesehatan si kecil lantaran pencernaannya yang belum sempurna.

Apalagi rasa susu formula yang manis, dapat menyebabkan bayi cenderung menolak ASI yang Anda berikan.

[caption id="attachment_470" align="aligncenter" width="640"]penyebab asi tidak lancar dan cara mengatasinya aptparenting.com[/caption]

3. Cara Menyusui yang Kurang Tepat



Bila tadi membahas soal kondisi ibu, sekarang teknis menyusui pun punya andil dalam derasnya produksi ASI Anda, antara lain:

Durasi dan Frekuensi Menyusui yang Jarang



Durasi atau waktu menyusui yang pendek menyebabkan ASI lebih sedikit diproduksi. Demikian halnya dengan frekuensi menyusui yang juga jarang.

Alasannya sederhana, ASI diproduksi sesuai kebutuhan bayi. Jadi, ketika bayi jarang menyusu atau periode menyusunya hanya sebentar, tubuh ibu pun akan mengurangsi produksi ASI.

Posisi Menyusui yang Salah



Ibu memang boleh menyusui sambil berbaring, duduk, bahkan berdiri. Intinya, ibu harus merasa senyaman mungkin saat menyusui.

Akan tetapi, hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah posisi menyusui yang mendukung perlekatan mulut bayi ke puting ibu.

Perlekatan yang tidak sempurna, selain bakal menimbulkan rasa nyeri, juga menyebabkan ASI tak terpompa dengan sempurna.

[caption id="attachment_471" align="aligncenter" width="640"]faktor penyebab asi tidak lancar breastfeeding.support[/caption]

4. Kondisi Fisik Bayi



Salah satu penyebab lain dari ASI tidak lancar adalah kondisi si kecil yang mengalami kelainan fisik. Kelainan yang dimaksud adalah bayi yang lahir dengan bibir sumbing atau mengalami tongue tie.

Kedua kelainan tersebut menyebabkan bayi kesulitan untuk melakukan perlekatan mulut dengan sempurna pada puting ibu. Keempat faktor di atas memang patut diwaspadai. Namun, Anda tak perlu cemas. Ada solusi ASI tidak lancar yang bisa Anda lakukan.

Tentu solusi terbaik bisa dijalani usai mengetahui faktor mana yang jadi penyebab produksi ASI Anda tidak optimal.
ASI Tidak Lancar? Inilah Penyebab Utamanya ASI Tidak Lancar? Inilah Penyebab Utamanya Reviewed by cool-laborate on August 22, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.