Tips

5 Pertolongan Pertama Sakit Gigi Berlubang pada Anak

Rewel dan menolak makan adalah hal yang wajar dilakukan oleh anak yang mengalami sakit gigi berlubang. Alih-alih panik dan bingung harus berbuat apa, ada 5 pertolongan pertama yang dapat Anda berikan sembari membuat janji temu ke dokter gigi.

Tentu saja, apabila sakit sangat tidak tertahankan, anak Anda harus lekas dibawa ke dokter. Namun, ada kalanya nyeri yang dirasakan masih dapat ditoleransi sambil menanti jadwal pertemuan dengan dokter gigi andalan.

1. Mengompres dengan Es Batu

Mengompres bagian gigi yang sakit dengan es batu adalah salah satu opsi pertolongan pertama ketika anak mengalami sakit gigi.

Caranya, tanyakan pada anak di mana bagian yang terasa nyeri. Periksa, apakah memang terlihat ada lubang pada permukaan gigi. Namun, lubang bisa saja tidak terlihat jelas.

Jika anak yakin dengan lokasi sakit giginya, Anda bisa membungkus es batu dengan handuk tipis bersih kemudian menempelkannya ke bagian tersebut. Ulangi tindakan ini beberapa kali hingga rasa nyeri berkurang.

sakit gigi berlubang

2. Berkumur dengan Air Dingin

Pilihan pertolongan yang lain adalah dengan menyediakan air minum dingin untuk anak Anda. Minta ia berkumur-kumur beberapa kali dengan air dingin.

Biarkan air dingin di mulut anak selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sampai rasa sakitnya mereda. Namun, ingatkan anak bahwa air yang sudah dipakai berkumur sebaiknya dibuang dan jangan diminum.

3. Redakan Sakit Gigi Berlubang dengan Mengunyah Daun Jambu Biji

Dilansir dari Halodoc.com, daun jambu biji diketahui mempunyai sifat analgesik yang dapat meredakan rasa nyeri. Anda bisa memperoleh daun jambu biji di pasar sebagai persediaan jika si kecil mengalami sakit gigi.

Tambahan lagi, daun jambu biji punya khasiat lain ketimbang hanya untuk meredakan sakit gigi berlubang. Pasalnya, daun jambu biji juga dapat menyembuhkan diare dan kandungan vitamin C-nya baik untuk tubuh Anda.

pereda sakit gigi berlubang

4. Ringankan Sakit Gigi Berlubang dengan Larutan Garam

Larutan garam merupakan opsi termudah yang dapat Anda lakukan untuk meringankan sakit gigi yang dialami oleh anak. Namun, sebelum membuat larutan garam, pastikan garam yang Anda gunakan bersih.

Demikian halnya dengan air yang Anda gunakan. Meski tidak diminum, pakailah air minum sebagai campuran membuat larutan garam.

5. Mengompres dengan Tumbukan Bawang Merah

Bumbu yang satu ini hampir tak mungkin abstain dari dapur Anda. Bawang merah yang dikenal memiliki kandungan antiseptik sehingga dapat mengurangi infeksi yang terjadi di gigi anak.

Caranya sederhana, yaitu dengan menumbuk bawang merah hingga lumat. Kemudian, tempelkan atau baluri ke bagian gigi yang sakit.

Rasa bawang merah mentah tumbuk yang agak pedas dan pahit mungkin bakal membuat anak menolaknya. Akan tetapi, Anda dapat menjelaskan fungsi penting bawang merah agar sakit giginya lekas mereda.

Nah, kelima cara di atas dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan ketersediaan bahan di rumah masing-masing. Namun, jangan lupa bahwa lima hal tadi hanyalah pertolongan pertama sakit gigi berlubang yang harus diiringi dengan pengobatan lanjutan ke dokter gigi yang tepercaya.

About Author

Experienced Editor and Content Writer with a demonstrated history of working in the non-profit organization management industry. Majoring in Biology and now raising two amazing kids.

(7) Comments

  1. Wah, saya baru tau kalo sakit gigi bisa diatasi pake es batu. Thanks infonya mbak 😃

  2. Anak saya nomor 2 , dulu langganan sakit gigi karena kalo tidur harus sambil ngedot susu
    Sedih banget lihat dia sakit gigi, untung reda sesudah kumur air garam

  3. wah penting nih.. siapa tahu mengalami kejadian kayak gini meskipun gak ngarep sih ya hehe… trims tipsnya loh kak…

    1. Tips no 4 aku banget… Hihi.. tiap kali sakit gigi aku lakukan itu mba… Cenat cenut rasanya gigi saat berkumur dengan air garam. Tapi setelahnya gigi g sakit lagi….

  4. Fenni Bungsu says:

    Tips ini pernah daku lakukan sendiri pas daku nyut nyutan. Tapi yang bagian berkumur dengan air dingin, tumbukan bawang merah, dan daun jambu biji belum.pernah sih

  5. Uli Hape says:

    aku paling sering yang berkumur dengan air garam, tapi kalo sakit lagi langsung ke dokter dan treatment deh, kadang malas ke dokter karena mahalnya hahaha

  6. Terimakasih Mbak untuk artikelnya, semoga saya nanti tidak membutuhkannya sih hehehe… Semoga gigi bocahku gak ada yang berlubang nantinya… Daun jambu biji pahit gak ya? Kayaknya susah deh membujuk bocah mengunyah itu, juga menggunakan bawang merah… tapi ketiga lainnya bisalah dicoba…

Leave a Reply