Tips

5 Penyebab Sakit Gigi pada Balita

gigi anak yang sehat

Usia yang relatif belia membuat si kecil kadang kesulitan menyampaikan rasa sakit gigi yang ia alami. Anak lebih sering langsung menolak makanan yang ditawarkan orang tua ketika mengalami gangguan pada gigi. Alhasil, orang tua kerap menyangka bahwa buah hatinya pemilih terhadap makanan.

Padahal, sakit gigi pada anak usia balita harus diketahui sejak awal sehingga rasa nyeri tidak berlarut-larut. Maka, sangat penting untuk mengetahui penyebab sakit gigi anak sebelum Anda bisa menentukan kapan harus menemui dokter.

Penyebab Sakit Gigi pada Anak Balita

Menurut situs web Halodoc, setidaknya ada 5 penyebab mengapa anak mengalami sakit gigi. Lima penyebab tersebut, yaitu:

1. Sisa Makanan Menyangkut di Sela Gigi

sakit gigi anak kecil

Ketika makan, kadang ada bagian dari makanan yang menyangkut di sela-sela gigi. Apabila ukuran makanan yang tersangkut cukup besar, si kecil akan merasakan nyeri di giginya.

Kalau hal ini terjadi, pertama-tama tenangkan anak dan minta ia untuk membuka mulutnya. Terangi bagian dalam mulut untuk menemukan sisa makanan yang menyelip di sela gigi. Lepaskan sisa makanan tersebut menggunakan dental floss atau sikat gigi secara perlahan.

2. Keretakan pada Enamel Gigi

sakit gigi balita

Beberapa anak usia balita kerap merasa penasaran dengan makanan yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Padahal, ada beberapa jenis makanan yang mungkin terlalu keras untuk bisa digigit dan dikunyah oleh anak-anak.

Tekstur makanan yang terlampau keras inilah yang kadang menyebabkan timbulnya keretakan pada enamel gigi. Retakan ini bisa terlihat langsung atau tidak tampak.

Akan tetapi, orang tua patut waspada terhadap risiko keretakan gigi. Pasalnya, anak bisa enggan mengunyah karena rasa nyeri sekilas yang muncul akibat retak di enamel giginya.

3. Tumbuh Gigi

sakit gigi

Usia balita jelas masa di mana gigi masih terus tumbuh. Bahkan, di beberapa anak, giginya mulai tanggal satu per satu.

Tumbuhnya gigi akan menimbulkan rasa tidak nyaman hingga nyeri yang membuat anak sulit menggigit apalagi mengunyah.

Orang tua bisa melihat kecenderungan timbulnya sakit akibat gigi yang sedang tumbuh jika; anak mendadak berliur melulu, sering menyentuh bagian dalam mulutnya, dan malas makan.

4. Karies Gigi

sakit gigi anak

Lazimnya anak kecil memang gemar mengonsumsi makanan manis. Namun, lalai dalam membersihkan bekas makanan manis dapat menyebabkan karies gigi muncul.

Karies gigi ditandai dengan adanya noda berwarna kuning-kecokelatan pada permukaan gigi. Jika sudah tahap lanjut, akan tampak rongga pada gigi. Apabila tak lekas diobati, dapat menyebabkan gigi berlubang hingga menimbulkan infeksi.

Pada karies, sakit yang dirasakan tidak terlampau terasa. Bahkan, kadang anak tidak terlalu menyadari giginya berlubang hingga mengonsumsi makanan dingin seperti es krim.

5. Abses Gigi

sakit gigi berlubang

Abses adalah kondisi di mana lubang gigi mengalami infeksi. Sakit gigi berlubang yang telah menimbulkan abses akan terlihat dari adanya pembengkakan di gusi. Bengkak akan terlihat merah dan kadang bentuknya menyerupai bulatan kecil di gusi persis di bawah gigi yang terinfeksi.

Rasa nyeri yang tidak tertahankan umumnya menyertai sakit gigi gusi karena abses. Biasanya, anak yang lebih besar sudah bisa menunjukkan di mana letak rasa sakit giginya kepada orang tua.

Dari kelima penyebab sakit gigi yang telah dibahas, karies dan abses jelas memerlukan penanganan dokter gigi dengan segera.

Memilih Dokter Gigi dan Klinik yang Tepercaya

Mengunjungi dokter gigi kadang menjadi momok bagi anak-anak kecil. Berbeda dengan dokter spesialis anak, ruang pemeriksaan dokter gigi sudah dihiasi dengan peralatan pemeriksaan berupa kursi besar berlampu yang tak jarang menimbulkan rasa takut bagi sebagian anak.

Untuk itu, orang tua harus ekstra pemilih dalam menentukan ke mana si kecil dibawa untuk memeriksakan hingga mengobati sakit gigi yang dialaminya.

Klinik BIC Vida Bekasi menjadi opsi yang dapat diandalkan untuk memeriksakan kesehatan gigi si kecil, bahkan untuk seluruh anggota keluarga. Terlebih, Klinik ini tidak hanya menyediakan poliklinik gigi, melainkan dokter gigi spesialis untuk perawatan gigi yang lebih holistik dan komprehensif.

Lokasi yang strategis dan klinik yang komplet memudahkan Anda dan si kecil untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Tambahan pula, Klinik BIC Vida Bekasi dapat Anda booking melalui situs halodoc.com secara langsung. Bebas antre dan tidak repot.

gigi anak yang sehat

Rutin Memeriksa Gigi Sebelum Sakit Gigi

Mengetahui apa saja penyebab sakit gigi pada anak memang membantu orang tua sehingga dapat menjadi lebih waspada. Akan tetapi, jangan abaikan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk si kecil setidaknya 6 bulan sekali.

Dengan rutin memeriksakan kebersihan dan kesehatan gigi, Anda telah melakukan langkah pencegahan penyakit gigi pada si kecil. Jangan lupa, selalu bersihkan gigi usai makan dan gunakan pula pasta gigi yang diperuntukkan bagi balita.

Untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar kesehatan gigi, Anda bisa mengunjungi situs web Halodoc.com atau mengunduh aplikasi Halodoc di ponsel pintar Anda.

Halodoc adalah aplikasi informasi kesehatan yang didukung oleh sederetan dokter-dokter yang ahli dan berpengalaman. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan IOS atau bisa diakses melalui desktop.

Bukan cuma itu, Halodoc menyediakan rekomendasi klinik dan dokter yang tepat sesuai dengan wilayah domisili atau kebutuhan kesehatan Anda. Jangankan sakit gigi yang dialami si kecil, Anda bahkan bisa berkonsultasi langsung dengan dokter-dokter spesialis lain secara gratis.

About Author

Experienced Editor and Content Writer with a demonstrated history of working in the non-profit organization management industry. Majoring in Biology and now raising two amazing kids.

(21) Comments

  1. Memang kalau si kecil sakit gigi kasihan ya, ternyata penyebabnya beragam pula.
    Syukurnya bisa langsung periksa, diantaranya di Klinik BIC Vida Bekasi yang bisa jadi pilihan yang dapat diandalkan untuk memeriksakan kesehatan gigi keluarga
    Apalagi tidak hanya menyediakan poliklinik gigi, tapi juga dokter gigi spesialis untuk perawatan gigi yang lebih lengkap. Pas banget!

  2. kalau anak sidah sakit gigi aku bingung huhuhu..sula nanya dalam hati apa penyebabnya selarang aki tau ada beberapa penyebab, terima kasih ya.

  3. Fenni Bungsu says:

    Daku pas lihat Ponakan lagi mau tumbuh gigi, jadi ngenes karena lemes dan hangat badannya. Jadinya memang pinter-pinter orangtuanya juga ya, si anak sakit giginya karena apa

  4. Nah, makanan manis nih bener-bener deh. Padahal udah gosok gigi, Mungkin ada yang tertinggal sisa makanan ya, kelewat dibersihinnya.

  5. Sedih banget ya kalo anak sakit gigi.
    Anakku yang nomor 2 nih, punya kebiasaan minum susu selama tidur jadi gosok gigipun percuma
    Untung sekarang ada Halodoc yang ngasih solusi ya?

  6. Kita aja yang dewasa kalo sakit gigi tuh gak nyaman banget kan ya, apalagi yang masih anak-anak ya kan? Sejak pandemi blm berani ke dokter gigi nih

  7. Kalau saya belajar dari pengalaman pribadi yang punya masalah dengan gigi dari kecil. Jadi sekarang anak-anakku benar-benar dijaga kesehatan giginya.

  8. Roemah AuRa says:

    Kalau udah sakit gigi tuh, aduh menyiksa banget. makanya anak-anak aku ajari buat sikat gigi biar gak sakit kayak umminya.

  9. Penyebab sakit gigi pada balita sangat beragam ya mbak. Kalau anakku dulu waktu balita karena abis minum susu botol sering lupa dibersihkan lagi 😀
    Dulu anakku ngedot pakai botol sampe umur 4 tahun, sejak sakit, ganti pake gelas, dan mulai rajin bersiin gigi.

  10. Sakit gigi tuh sakitnya di sini. Hehe.. Klo anak sakit gigi ya ampun aku bisa ikutan gak tidur semalaman. Thanks informasi nya ya

  11. Waktu kecil pernah merasakan sakit gigi berlubang huhu. Skrg malah sering sakit gigi karena nambah gigi baru di ujung , sakitnyaa

    1. Sedih banget kalo lagi sakit gigi tapi ga punya solusi ya. Untungnya dengan kecanggihan jaman sekarang ada halodoc yg jadi solusi buat ketidaktahuan kita.

  12. Paling kasihan kalau lihat si kecil yang masih balita sakit gigi gini. Kasihannya tuh yaa karena dianya belum bisa menjelaskan, bagian mana yang sakit 🙁

  13. Tips ini musti aku share ke kakakku yang punya balita nih kak! Bener banget, kondisi lagi pandemi gini gak bs langsung ke RS seperti dulu, karena better memang konsultasi online dl ya lewat halodoc!

  14. Sejauh ini yang pernah kurasakan itu pas anak tumbuh gigi Mbak, Masyallah rewelnya ampun-ampunan. Kalau sudah begitu caranya aku beri saja potongan buah dingin atau beku yang bisa membuat gusinya mati rasa hehehe…
    Halodoc ini banyak banget manfaatnya apa lagi di masa pandemi seperti ini…

  15. aku tahunya sih biasanya anak kecil karena tumbuh gigi nih yang bikin sakit gigi. ternyata banyak hal-hal lainnya yah. thanks infonya nih bunda.

    1. Rina says:

      sama-sama Bunda 🙂

  16. Wah kak aku dan teman2 juga make halodoc. Sangat berguna banget. Temen aku pernah bisul di area pribadi, karena malu kalau ke dokter langsung dia via halodoc aja dan alhamdulillaah sembuh hehe.

  17. Iya juga ya. Kadang kita sering menyalahkan makanan dalam kondisi ini, padahal ada masalah pada kondisi gigi. Rutin konsultasi masalah kesehatan gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi bayi.

  18. wah bener banget, kebanyakan masalah karena ada sisa makanan di gigi. karena itu perlu bagi para orang tua untuk rutin memastikan kebersihan mulut si bayi

  19. udah pling bingung kalau misalkan anak mulai sakit gigi, kasian lihatnya. makanya penting banget untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Leave a Reply