Tips

7 Cara Ampuh Membangun Kebiasaan Anak Bangun Pagi

anak susah bangun pagi

Secara alami anak-anak kecil selalu bangun dini hari. Namun, seiring tumbuh kembangnya, anak-anak kehilangan kemampuan naturalnya untuk terbangun di pagi hari.

Padahal, bangun pagi akan meningkatkan kondisi tubuh agar lebih fit dalam menjalani hari.

Sebagaimana dilansir dari alodokter.com, mereka yang punya kebiasaan memulai aktivitas dari pagi hari cenderung memiliki perasaan yang lebih bahagia.Β Bukan cuma itu, orang yang bangun pagi umumnya punya kinerja yang lebih berprestasi.

Sejalan dengan informasi tersebut maka makin bertambah alasan untuk mulai membiasakan anak bangun pagi. Apalagi bila anak Anda mulai memasuki usia sekolah. Jika tidak dibiasakan disiplin sejak awal, ia akan kesulitan untuk menyesuaikan diri di kemudian hari.

Nah, kalau si kecil juga kesulitan bangun pagi maka tujuh cara berikut ini layak untuk Anda coba.

tips anak bangun pagi
condescendyassel.blogspot.com

1. Hentikan Gawai dan TV lalu Ajak Anak Tidur Lebih Awal

Cukup banyak anak-anak yang tidur di atas jam 9 malam, bahkan jauh lebih larut malam lagi.

Mungkin sebagian orang tua lebih memilih membiarkan agar anak kelelahan bermain atau menonton hingga nantinya mereka akan terlelap dengan sendirinya.

Faktanya, hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Justru menurut Bobo.id, menonton televisi dan bermain gawai sebelum tidur malah berpotensi mengganggu aktivitas otak.

Akibatnya juga akan terlihat dari emosi anak yang jadi lebih mudah marah.

Solusinya, Anda harus disiplin mematikan televisi dan gawai tepat di waktu jelang anak-anak tidur.

Tentukan waktu tidur jam 8 malam sehingga setengah jam sebelumnya, anak-anak sudah masuk ke kamar tidur dan bersiap untuk terlelap.

agar anak mudah bangun pagi
pinterest.com.mx/dilipcex

2. Hindari Aktivitas Fisik Sejam Sebelum Tidur

Aktivitas fisik hanya akan membuat adrenalin meningkat. Meskipun nantinya si kecil akan kelelahan, tetapi tidurnya berpotensi menjadi kurang nyenyak.

Malahan, cukup banyak anak-anak yang sering terbangun di malam hari lantaran sebelum tidur melakukan banyak permainan fisik.

Oleh sebab itu, berikan pengertian kepada anak-anak. Ajak mereka berbicara mengenai pentingnya menghindari aktivitas fisik jelang waktunya tidur.

Alihkan permainan fisik ke hal lain yang membuat mereka menjadi relaks. Seperti memberikan segelas susu hangat satu atau dua jam sebelum waktunya tidur.

penyebab anak malas bangun pagi
pinterest.com/drewstonelli

3. Redupkan Lampu Ruang Tidur

Lampu yang redup membantu otak untuk beristirahat. Selain meredupkan lampu, kondisikan ruangan kamar tidur senyaman mungkin.

Gunakan seprai yang bersih dan rapikan kasur sebelum mengajak anak-anak naik ke atas tempat tidur.

membaca buku cerita
readingmytealeaves.com

4. Bacakan Cerita Sebelum Tidur

Untuk membantu anak-anak terlelap, ceritakan satu atau dua kisah sebelum mereka tidur. Gunakan intonasi suara yang agak lirih agar anak-anak merasa relaks.

Pilihlah cerita yang berkaitan dengan tidur. Misalnya, dongeng mengenai anak yang sehat karena mau tidur di awal malam.

anak tidak mau bangun pagi
reckontalk.com

5. Beritahukan Anak Aktivitas Seru Esok Hari

Supaya anak bersemangat untuk bangun di pagi hari, beritahukan kegiatan-kegiatan seru yang bisa lekas ia lakukan esok hari.

Untuk anak yang akan berangkat sekolah, katakan padanya betapa seru esok bisa bertemu lagi dengan kawan-kawannya di sekolah.

anak tertidur
musthavemom.com

6. Bangunkan Anak dengan Lembut

Ketika pagi tiba, bangunkan anak dengan suara yang lembut. Jangan sekali-kali membentak anak untuk membangunkannya.

Tepuk perlahan bagian tubuhnya atau belai kepalanya sambil mengajak si kecil bangun.

Pasalnya, suara bentakan Anda di pagi hari hanya akan membuat harinya menjadi tidak menyenangkan. Anda pun tidak mau memulai hari dengan bentakan, bukan?

anak segar di pagi hari
freshmommyblog.com

7. Terus Mengingatkan Anak Manfaat Bangun Pagi

Agar kebiasaan bangun pagi tetap terlaksana secara rutin, Anda harus terus mengingatkan anak mengenai enaknya ketika bangun pagi.

Tidak hanya ia bisa melalukan lebih banyak aktivitas ketimbang bangun kesiangan, anak pun akan merasa lebih segar dan ceria ketika disiplin bangun pagi hari.

Membangun kebiasaan agar anak bangun pagi memang memerlukan kesabaran dan ketekunan.

Upayakan anak bangun pagi berturut-turut tanpa putus selama 40 hari. Dengan begitu, kebiasaan ini akan berlanjut terus hingga ia tumbuh makin besar.

(28) Comments

  1. Ini masih berlaku juga nggak ya buat anak sekolah dasar. Anakku loh suka susah bangun pagi

    1. Masih mbak, anakku yang gede baru masuk SD. πŸ™‚

  2. Bisa nih saya terapkan nanti kalau saya punya anak hehe

  3. Nurul Sufitri says:

    Susah2 gampang membangunkan anak2 di pagi hari ya. Apalagi kan wajib sholat subuh. Paling pakai weker atau alarm HP plus langsung dibangunkan aja gitu, hehehe.

  4. Aji mumpung mentang-mentang sedang libur sekolah anak saya suka susah diajak tidur awal dan bangun lebih pagi. Sehabis solat subuh, Weh minta balik lagu ke kasur. Hahaha… Semoga nanti udah habis masa liburan, bisa bangun normal lagi…

    Salam
    Okti

  5. Nurul Sufitri says:

    Susah2 gampang membangunkan anak di pagi hari apalagi kan wajib sholat subuh ya. Paling sih pakai weker aja atau aralm HP. Kitanya aja bantu membangunkan, anak2ku sudah kelas dan 9 sih ladi ga sesulit suluuuu hehehe.

  6. Anak saya ini susah tidur lbh awal jadi bangun pagi gitu meski bs kami kasihan. Tapi ini kami mau coba tips kurangi kegiatan fisik menjelang tidur.

  7. Siapp, Mak!
    Memang PR banget untuk bangunkan anak pagi2 banyak distraksi di sana sini sih yaaaaaaa
    Bismillah, semoga BISA!

  8. Setuju banget,

    Karena itu waktu ada 2 opsi waktu belajar di TK, saya pilih pagi hari supaya dia terbiasar

  9. Anak saya kebetulan tidak susah untuk bangun pagi. Oh ya , bener mbak..kalau saya sering meredupkan lampu biar anak cepet ngantuk hehe

  10. Anak saya masih usia setahunan dan meamang dari bayi sudah biasa bangun pagi (subuh2) cuma nggak tahu tau ya kalau udah gede nanti mungkin bakal susah juga nih bangun paginya. So boleh juga nih tipsnya.

  11. Anak sulungku sudah mulai mudah bangun pagi. Bahkan di semester dua nanti, dia minta dibangunkan lebih pagi lagi karena ingin belajar sholat tahajud. Duh, aku jadi terharu, hiks …

    Kalau yang bungsu, nah ini anaknya banyak alasan. Kadang sudah bangun nih, tapi bilangnya mau tidur dulu sebentar karena tadi sedang mimpi masak kue, takut kuenya gosong. Ada-ada aja, kan? Biasanya aku bilang oke tidur dulu sebentar buat ngangkat kue. Setelah itu dia bangun sambil ketawa-ketawa, deh.

    Kalau di rumahku, tidur awal bagus banget membawa anak-anak bangun awal juga. Jelas ya, jam tidurnya cukup jadi esok pagi anak-anak sudah segar, nggak ada alasan masih ngantuk.

  12. Makasih tipsnya mbak..
    Ini pas bgt buat aku, si sulung susah bangun pagi ni

  13. Memang harus jadi kebiasaan sih ya supaya anak nanti akan terbiasa hingga remaja dan dewasa. Butuh usaha ekstra memang. Terima kasih tipsnya.

  14. Si sulung nih susah sekali tidur cepet dan susah juga bangun paginya. Selalu heboh kalo bangunin pagi buat sekolah

  15. Erima kasih tipsnya, Mbak. Bisa dijadikan referensi untuk kupraktekkan ke anakku kelak.

  16. Kalau sudah sedari dini dibiasakan, anak2 pasti akan terus bangun pagi ya mbak.. bermanfaat banget tipsnya untuk mulai mengajarkan anak Bagun pagi tanpa drama 😊

  17. Tipsnya sangat bermanfaat.
    Alhamdulillah anak-anak saya termasuk yang mudah bangun pagi. Tapi adakalanya mereka juga sulit dibangunkan jika musim libur seperti sekarang. Ketujuh tips ini akan saya coba.

  18. Makasiiih ilmunya sangat berguna mbak, jadi pingin aku praktekin ke Julio Juga yang masih umur 1.5 tahun. Harus dari satu satu dipraktekkan ya

  19. Memang sejak kecil anak harus dibiasakan bangun pagi, karena pagi hari banyak kegiatan seperti sholat subuh yg mesti dikerjakan. Thank infonya

    1. Terimakasih Infonya mom, sungguh menginspirasi utk saya di pagi ini

  20. Aprillia Ekasari says:

    Aku lagi usaha nih membuat anak bangun pagi karena tahun depan semua akan sekolah dan sekolahnya agak jauh dikit makanya dr sekarang aku biasakan bangun pagi supaya gak kaget hehe. Tipsnya bisa dicontoh TFS

  21. Membiasakan anak bangun pagi emang urusan gampang2 susah yaa.. tipsnya penting banget nih.. Alhmdulillah aku juga menerapkan tips2 ini..

  22. Perlu di terapkan ke anakku yang susah di ajak tidur dan pagi nya susah bangun.
    Btw makasih tips nya ya mbak

  23. Boleh d coba nih, anak aq masuk sekolah nanti lebih pagi, karna persiapan buat masuk SD, harus d latih dr sekarang. Mks tips nya kak .

  24. Nah, ini! Artikel ini perlu dibaca oleh adikku, deh!
    Ponakanku itu susah banget dibangunkan pagi hari, karena aktif banget hingga tengah malam.
    Nice tips, Mba, ijin share ke adik iparku, ya. Pasti ngebantu banget deh bagi mereka. 😊

    1. Si bocah yang sulung kayak gini mbak dulu. Memang butuh proses, tapi bisa kok πŸ™‚

  25. Ayubith says:

    Mksh mbak, tahun ini sikecil mau masuk tk, mudah2an bisa bangun pagi

Leave a Reply