Keputihan yang Berlebihan Dapat Dicegah Jika Anda Melakukan Hal Ini!

Para wanita normal pasti mengalami menstruasi satu kali setiap bulan. Siklus ini umumnya berlangsung selama kurang lebih 4 hingga 10 hari. Tentunya ada variasi pada beberapa wanita yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan dan faktor genetis.

Ketika siklus menstruasi berakhir, kondisi tubuh dan hormonal memang kembali normal. Akan 7 sampai 14 hari menjelang datangnya siklus menstruasi, Anda akan berhadapan dengan premenstrual sindrome (PMS). Sindrom ini akan tampak baik secara ketidakstabilan emosi hingga gangguan fisik.

cegah keputihan berlebihan
d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net

Salah satu risiko gangguan fisik yang dialami selama PMS adalah keputihan. Risiko keputihan bakal meningkat seiring dengan kondisi psikis Anda. Misalnya, bila Anda mengalami stres, tidak mendapatkan istirahat yang cukup, pola hidup yang kurang sehat, tidak menjaga pola makan, atau pun menderita penyakit seksual.

Keputihan sebenarnya bukanlah momok yang mesti ditakuti. Pasalnya, kondisi keluarnya cairan putih dari bagian vital wanita ini terbilang normal terjadi. Yang perlu diwaspadai ialah kondisi keputihan yang berlebihan. Namun, jangan cemas karena Anda keputihan berlebihan bisa dicegah.

Bagaimana caranya? Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cegah keputihan berlebihan.

1. Menjaga Kesehatan Alat Vital

Jika Anda tidak ingin mengalami keputihan dalam kadar yang abnormal, sebaiknya Anda menjaga kebersihan alat vital secara teratur. Sanitasi organ vital mampu mencegah terjadinya infeksi yang diakibatkan oleh berbagai jenis bakteri.

Akan tetapi, Anda mesti lebih berhati-hati dalam memilih sabun untuk membersihkan organ kewanitaan. Anda dapat menggunakan sabun dengan kandungan pH yang tidak lebih tinggi ketimbang kondisi alat vital, yaitu sekitar 3.8 sampai dengan 4.5 saja. Untuk mendapatkan tips menjaga kesehatan organ intim, Anda bisa membuka situs Guesehat punya informasi lengkap yang mudah diterapkan.

cegah keputihan berlebihan
storiesofworld.com

2. Sering Mengganti Pakaian Dalam

Anda juga bisa mencegah terjadinya keputihan setelah haid dengan cara mengganti pakaian dalam setidaknya tiga kali dalam satu hari. Pastikan organ kewanitaan selalu bersih dan bebas lembap. Soalnya salah satu penyebab keputihan adalah jamur akibat pakaian dalam yang lembap.

Pastikan juga Anda memilih bahan pakaian dalam yang tepat. Ciri bahan pakaian dalam yang baik adalah terasa nyaman saat dipakai dan memudahkan kulit untuk bernapas.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain kedua cara di atas, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat. Pasalnya, asupan makanan tertentu dapat memicu produksi cairan keputihan. Bukan cuma itu, bahan makanan tertentu juga dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil yang berisiko membuat organ genital Anda menjadi lebih lembap.

cegah keputihan berlebihan
s-i.huffpost.com

Pastikan pula untuk mencukupi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh agar organ reproduksi Anda juga tetap terjaga. Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah cranberry dalam bentuk yoghurt ataupun jus. Kenapa cranberry? Alasannya karena buah ini dipercaya dapat mencegah timbulnya bakteri pada organ intim Anda.