4 Solusi untuk Melancarkan ASI

suplemen pelancar asi terbaik

Apakah yang mesti dilakukan bila ASI yang Anda hasilkan terlampau sedikit? Bagaimana cara yang bisa ditempuh oleh Anda agar dapat meningkatkan produksi ASI?

Memang, suplemen pelancar ASI seperti Asifit dapat menjadi opsi untuk menambah produksi ASI. Namun, ada pula opsi lain yang bisa Anda lakukan.

Beberapa tips berikut ini terbukti dapat menjadi solusi bagi sebagian besar ibu menyusui dengan kendala ASI yang kurang lancar.

1. Meningkatkan Frekuensi Menyusui dan Skin to Skin Contact

suplemen pelancar asi yang bagus
hintofred.com

Agar tubuh ibu mau memproduksi ASI dalam jumlah yang optimal, Anda harus mempersering frekuensi menyusui.

Hal ini bukan berarti memaksakan si kecil untuk menyusu pada Anda, melainkan lebih kepada memberi stimulus supaya bayi mau sering menyusu.

Stimulus bisa dilakukan salah satunya dengan melakukan skin to skin contact antara ibu dengan si kecil. Sebuah penelitian yang terbit pada jurnal Pediatrics menyebutkan fakta bahwa bayi yang memperoleh ASI secara langsung, mendatangkan efek positif pada kondisi fisik dan emosionalnya.

Bukan cuma itu, menyusui secara langsung juga terbukti dapat meningkatkan imunitas pada si kecil. Jadi, lakukan interaksi ini sesering mungkin dan hindari menggunakan pompa ASI.

2. Mengubah Pola Hidup

suplemen pelancar asi rekomendasi dokter
foodnetwork.com

Memperbaiki pola hidup Anda dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Memperbanyak konsumsi sayuran dan melengkapinya dengan daging dan sumber protein lain sangat baik untuk dilakukan.

Hindarilah konsumsi obat-obatan tanpa resep khusus dari dokter atau obat pasar juga asap rokok. Keduanya selain dapat menurunkan kelancaran ASI juga berpotensi mengganggu kesehatan ibu dan bayi.

3. Berdiskusi dengan Konsultan Laktasi atau Dokter Spesialis

suplemen pelancar asi yang aman
breastfeedingstl.blogspot.com

Jangan enggan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan Anda. Bahkan, bila dirasa perlu Anda dapat berdiskusi dengan konsultan laktasi.

Biasanya, konsultan laktasi dapat Anda temui di rumah sakit ibu dan anak. Namun, beberapa Puskesmas juga memiliki konsultan laktasi dan biayanya pun lebih terjangkau.

4. Mengonsumsi Suplemen

suplemen pelancar asi paling ampuh
nursingtimes.net|

Selain semua cara di atas, mengonsumsi suplemen pelancar ASI yang dibuat dari bahan-bahan alami adalah pilihan yang kerap direkomendasikan oleh dokter.

Salah satu suplemen pelancar ASI yang alami dan terbuat dari ekstrak daun katuk adalah Asifit.

Bukan cuma itu, Asifit juga kaya akan kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12. Dengan mengonsumsi suplemen pelancar ASI, tak hanya produksi ASI yang akan meningkat, tapi stamina Anda pun bakal terjaga.

Anda boleh mencoba salah satu atau bahkan semua tips yang telah dipaparkan di atas. Bila dilakukan dengan rutin, produksi ASI akan menjadi lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *